Judul yang diambil oleh peneliti dalam skripsi ini adalah “ Analisis
Komunikasi Pembelajaran Yang Dilakukan Oleh Guru Untuk Peningkatan
Motivasi Siswa-Siswi Kelas 3 Di SMK Negeri 11 Bandung “. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendapatkan berbagai data dan informasi yang
jelas, akurat dan aktual tentang penerapan komunikasi pembelajaran,
ganmbaran peningkatan motivasi dan seberapa besar dampak antara
komunikasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk peningkatan
motivasi siswa-siswi kelas 3 di SMK Negeri 11 Bandung.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Berbagai data-data dan informasi yang
diperoleh peneliti semuanya bersumber dari lokasi penelitian langsung,
yaitu SMK Negeri 11 Bandung, itu semua dinamakan sebagai sumber data.
Jadi pada dasrnya sumber data itu semuanya sudah akurat, karena diterima
langsung dari pihak sekolah yang bersangkutan sebagai tempat
penelitian. Sumber data itu akan dilihat, dipilih dan diolah sesuai
dengan kebutuhan peneliti. Sehingga akhirnya penelitian itu dapat
berlangsung dengan baik dan dapat menghasilkan suatu kesimpulan secara
deskriptif berupa penjabaran kata-kata dengan sebaik-baiknya dan mudah
dipahami oleh pembaca.Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi
dokumentasi, dapat disimpulakan bahwa antara komunikasi pembelajaran dan
motivasi sangat besar dampaknya untuk kepentingan siswa-siswi kelas 3
di sekolah itu. Dengan guru melakukan komunikasi pembelajaran
sebaik-baiknya, sesuai dengan pemahaman dan kebutuhan siswa, maka dengan
sendirinya siswa akan lebih peka terhadap sesuatu dan mengerti semua
yang dimaksud dalam proses pembelajaran. Sehingga akhirnya dapat
diperoleh hasil yang maksimal untuk peningkatan motivasi siswa di masa
sekarang dan untuk masa yang akan datang.Kecenderungan antara komunikasi
pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk peningkatan motivasi
siswa-siswi kelas 3 di SMK Negeri 11 Bandung pada dasarnya berada pada
kategori baik. Hal ini dilihat sesuai dengan apa yang telah dilakukan
oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan studi
dokumentasi.Berdasarkan kesimpulannya, bahwa terdapat dampak yang sangat
baik untuk kedepannya diimplementasikan dari komunikasi pembelajaran
yang dilakukan oleh guru untuk peningkatan motivasi siswa-siswi kelas 3
di SMK Negeri 11 Bandung. Sehingga di masa selanjutnya sekolah itu akan
terus dapat menerapkan pembelajaran yang baik untuk semua para peserta
didik.
http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=11272
0 comments:
Post a Comment