headline photo

The Use Of Tpr Storytelling In Teaching Vocabulary To Young Learners

Wednesday, August 01, 2012

Skripsi ini berjudul The Use of TPR Storytelling in Teaching Vocabulary to Young Learners (A Pre-Experimental Research in an Elementary School in Bandung). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menginvestigasi penggunaan TPR Storytelling dalam meningkatkan penguasaan kosakata pembelajar muda dan juga respon mereka terhadap penggunaan metode tersebut. 

Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design dimana kelas tiga pada salah satu sekolah dasar di Bandung diambil sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan cara menggunakan instrumen pretest, posttest, dan angket. Hasil pretest dan posttest dianalisa dengan dependent t-test. Dengan analisa tersebut ditemukan bahwa  (-10.357) melebihi  (-2.021) dimana signifikan level 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa null hypothesis ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan TPR Storytelling dapat meningkatkan penguasaan kosakata pembelajar muda. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa penggunaan TPR Storytelling dapat membantu siswa dalam mengingat kosakata. Metode tersebut juga dapat meningkatakan motivasi belajar siswa. Disamping itu, proses pembelajaran juga menjadi lebih menyenagkan karena terdapat kegiatan-kegiatan yang menarik.
http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=12912

0 comments:

Post a Comment