Pada program pengembangan metode pembelajaran ini, dari pengalaman kami mengampu mata kuliah sistem instrumentasi elektronika selama 6 tahun (6 semester genap) pada awalnya kami merencanakan dan kemudian melakukan : 1. Perbaikan susunan materi, agar mudah di mengerti. 2. Membuat buku ajar, agar mempunyai panduan belajar. 3.
Membuat alat peraga, agar sistem dan cara kerja mudah di mengerti. 4. Membuat blogger berisi teori, gambar alat ukur, latihan soal dan tugas. Dalam pelaksanaannya di lakukan uji coba perkuliahan secara bersama, diskusi di kelas secara berkelompok (maksimal 4 mahasiswa) dan diamati direkam (dicatat) untuk dipelajari, jika dipandang perlu anggota kelompok dapat ditukar. Mengerjakan tugas berkelompok (maksimal 4 mahasiswa), presentasi berkelompok tetapi bergantian, anggota kelompok akan di ubah susunannya jika dipandang perlu. Setiap kelompok ada seorang yang memimpin (motivator kelompok) yang dianggap mudah mengerti dan memahami materi kuliah dan tugas, untuk menjadi motivator di kelompoknya. Hasil penelitian ini untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang fungsi alat ukur elektronik bagi peralatan listrik, macam alat ukur elektronik standar, cara kerja alat pada saat digunakan, cara membuat alat ukur sederhana, kegunaan alat ukur bagi peralatan listrik, cara melakukan pengukuran yang baik dan benar, cara menganalisa hasil pengukuran, dan akibat pengukuran dan analisa yang salah.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/417/jiptumm-gdl-irdidingsu-20839-1-naskahp-i.pdf
0 comments:
Post a Comment