headline photo

Pengaruh Lama Pembekuan Terhadap Mutu Daging Ayam Ditinjau Dari Kandungan Protein

Saturday, August 04, 2012

Daging ayam merupakan salah satu komoditi peternakan yang menghasilkan nilai gizi yang sejajar dengan nilai gizi daging lainnya. Perubahan daging ayam oleh mikroorganisme merupakan bentuk kerusakan yang sangat merugikan dan kadang membahayakan bagi kesehatan manusia, serta menjadi kontaminasi bagi bahan pangan yang lain. Usaha pengawetan daging ayam yang paling banyak digunakan adalah cara pembekuan. Penurunan suhu -5?C akan menyebabkan kerusakan fisik, sehingga kandungan protein pada daging ayam juga akan menurun. 
 
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui 1) ada atau tidak adanya pengaruh lama pembekuan terhadap mutu daging ayam ditinjau dari kandungan protein, jumlah total koloni bakteri dan organoleptik, 2) Pada hari berapakah lama pembekuan daging ayam yang lebih baik untuk mendapatkan mutu daging ayam. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 April -17 Mei 2003 di Laboratorium Biologi dan Kimia Universitas Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian ini Eksperimen sungguhan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari 6 perlakuan dan 3 kali ulangan.Populasinya adalah daging ayam. Sampel yang digunakan adalah daging ayam pada bagian paha sebanyak 18 potong dengan berat masing-masing ? 250 gram. Sampel diambil secara purposive sampling. variabel bebasnya lama pembekuan daging segar, 1 hari, 5 hari, 10 hari, 15 hari dan 20 hari. 
 
variabel terikatnya adalah mutu daging ayam dilihat dari kandungan protein, jumlah total koloni bakteri dan organoleptik. dan variabel kontrolnya adalah suhu pembekuan yaitu -5?C. Berdasarkan hasil penelitian, lama pembekuan berpengaruh terhadap kandungan protein, jumlah total koloni bakteri dan organoleptik. Mutu daging ayam ditinjau dari kandungan protein dan uji organoleptik yang paling baik didapatkan pada daging segar dan lama pembekuan satu hari, dan dari jumlah total koloni bakteri pada lama pembekuan duapuluh hari didapatkan jumlah yang semakin sedikit.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/24/jiptummpp-gdl-s1-2004-rumiati983-1179-pendahul-n.pdf

0 comments:

Post a Comment